Perfect World Online Spear Thingy

Popular Post

Popular Posts

Rabu, 02 Januari 2019





                                      VIRTUAL MACHINE WARE
Apa itu VMware?
VMWare adalah sebuah software yang berfungsi menjalakan sistem operasi, jadi kita tidak perlu khawatir komputer kita akan terformat atau terjadi hal yang tidak kita inginkan, ketika belajar menginstal suatu OS, atau istilah lainnya adalah sistem operasi  yang memudahkan kita dan melindungi sistem operasi yang permanen agar terhindar dari kesalahan atau error dalam melakukan penginstalan sistem operasi.
VMWare ini adalah berbasis windows atau dapat berjalan di sistem operasi window. VMWare  memungkinkan beberapa sistem operasi dijalankan pada satu mesin PC tunggal secara bersamaan. Hal ini dapat dilakukan tanpa melakukan partisi ulang dan boot ulang. Perangkat keras yang terdapat di dalam VMWare sama seperti perangkat keras yang dipakai PC , misalnya CPU, RAM, HDD, dll.
Apa Kegunaan VMware?
VMware memungkinkan kamu untuk membuat virtualisasi server, komputer, sistem operasi, storage device, aplikasi, networks, dsb. Jadi bisa dibilang dengan VMware ini kamu bisa membuat komputer virtual di dalam komputer fisik, serta menjalankan sistem operasi didalam sistem operasi lainnya. Di area server, virtualisasi VMware bisa digunakan untuk memaksimalkan resource hardware server — memecah satu server fisik menjadi beberapa server virtual yang fungsional.

Cara Kerja VMware?

VMware bekerja dengan membuat layer hardware virtual (virtual machine) di komputer kita (physical machine). VMware akan membuat storage virtual, CPU virtual, RAM virtual, DVD ROM virtual, dan berbagai komponen virtual lainnya untuk kemudian menjadi virtual machine yang utuh.
Layer software yang disebut dengan hypervisor itulah yang secara dinamis mangalokasikan resource di komputer fisik (host computer) ke virtual machine sesuai dengan yang dibutuhkan.
Begitu virtual machine tersebut diinstall sistem operasi, maka sistem operasi di virtual machine tersebut (guest OS) akan berjalan secara terisolasi di sistem operasi utama (host OS).
Setiap state dari virtual machine tersebut bakal tersimpan dalam bentuk file yang nantinya bisa kamu gandakan dan pindahkan dengan mudah. Dengan begitu kamu bisa menjalankan beberapa virtual machine dengan beberapa spesifikasi dan sistem operasi hanya dari satu komputer fisik.
Di area penggunaan sehari-hari, virtualisasi VMware bisa kita manfaatkan untuk menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi, misalnya menjalankan Linux di dalam Windows (dan sebaliknya). Selain untuk keperluan testing, ujicoba OS, kita juga bisa memanfaatkannya untuk membuat sistem yang terisolasi dan tidak merusak sistem utama meskipun sistem di virtual machine tersebut kita oprek-oprek sesuka hati. WinPoin sendiri menggunakan VMware untuk membuat sistem virtual untuk diotak-atik sebagai bahan tutorial, tanpa harus khawatir merusak sistem operasi utama. Kamu bisa memanfaatkan virtual machine hasil virtualisasi VMware untuk keperluan apapun kamu inginkan.

Fungsi dan Kegunaan vmware

 Virtual machine biasanya untuk mencoba aplikasi, develop, melakukan percobaan lainnya yang biasanya jika kita lakukan di guest OS yang artinya OS didalam OS dengan menggunakan vmware. Di VMware kita bisa melakukan percobaan dengan menggunakan sistem OS apapun mulai dari windows, mac, linux, install mikrotik di vmware dan lain sebagainya. Kita bisa bereksperimen tanpa harus kehilangan atau kerusakan pada OS utama. Intinya fungsi VMware dapat menjalankan banyak sistem operasi atau OS dalam satu PC atau laptop.

Spesifikasi untuk menggunakan virtual machine vmware minimal RAM 2GB dan Hardisk minimal 20GB untuk guest OS. Disarankan menggunakan PC atau laptop diatas 4GB RAM agar komputer utama sobat tidak lemot. Instalasi vmware sangat mudah sekali kita hanya melakukan download di situs vmware.com dan pilih vmware workstation download  kemudian cara install vmware seperti biasa, hanya next next saja. Setelah itu sobat dapat melakukan create project sesuai dengan keinginan sobat mau install windows xp, 7, 8 maupun linux dan sebagainya.

Fungsi dan Kegunaan vmware 

virtual machine biasanya untuk mencoba aplikasi, develop, melakukan percobaan lainnya yang biasanya jika kita lakukan di guest OS yang artinya OS didalam OS dengan menggunakan vmware. Di VMware kita bisa melakukan percobaan dengan menggunakan sistem OS apapun mulai dari windows, mac, linux, install mikrotik di vmware dan lain sebagainya. Kita bisa bereksperimen tanpa harus kehilangan atau kerusakan pada OS utama. Intinya fungsi VMware dapat menjalankan banyak sistem operasi atau OS dalam satu PC atau laptop.

Spesifikasi untuk menggunakan virtual machine vmware minimal RAM 2GB dan Hardisk minimal 20GB untuk guest OS. Disarankan menggunakan PC atau laptop diatas 4GB RAM agar komputer utama sobat tidak lemot. Instalasi vmware sangat mudah sekali kita hanya melakukan download di situs vmware.com dan pilih vmware workstation download  kemudian cara install vmware seperti biasa, hanya next next saja. Setelah itu sobat dapat melakukan create project sesuai dengan keinginan sobat mau install windows xp, 7, 8 maupun linux dan sebagainya.


.           Manfaat Vmware

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh bila menggunakan vmware, antara lain:
1.      untuk keperluan uji program (trial and error), tidak perlu me-restart PC untuk beralih system operasi (dual boot) atau berpindah computer.
2.      Dapat mengembangkan peranti lunak multiplatform dengan cepat karena adanya lebih dari system operasi yang berjalan bersamaan.
3.      Dapat menambah intensitas penggunaan computer tanpa harus memebeli atau menambah computer.
4.      bermigrasi dengan mudah dari satu system operasi ke system operasi lain tanpa harus takut kehilanagan data karena salah partisi
5.      dapat membuat jaringan antar PC dengan mesin virtual walaupun PC tidak terpasang Network card maupun hub atau switch. VMware akan secara otomatis menyediakannya.
6.      vmware memeberikan fleksibilitas penggunaan system operasi secara bersamaan, sehingga bias mempelajari system operasi yang berbeda tanpa harus kehilanagn banyak waktu.



Jenis-jenis Vmware
Ada 3 jenis VMWare, yaitu :

·         VMWare Workstation adalah software untuk virtual machine yang compatible dengan komputer Intel x86. Software ini memungkinkan pemakai untuk membuat satu atau lebih virtual machine dan menjalankannya secara serempak. Masing-masing virtual machine dapat menjalankan guest operating system-nya sendiri seperti Linux, Windows, BSD, dan lain-lain. Tetapi software ini tidak dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare yang lain.

·         VMWare Server sebenarnya memiliki sistem kerja yang sama dengan VMWare Workstation. Tetapi dibandingkan dengan VMWare Workstation, VMWare Server mempunyai kelebihan yaitu dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare yang lain. VMWare Server juga dapat menjalankan virtual machine yang dibuat oleh Microsoft Virtual PC.

·         VMWare Player adalah software yang digunakan untuk menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMWare lainnya. Tetapi software ini tidak dapat mebuat virtual machine sendiri.


Keuntungan Menggunakan Vmware

1.                     Mudah digunakan, pengaturan simpel sekali
2.                     Fitur unity-nya luar biasa! Berbeda dengan fitur “Seamless Mode”-nya virtualbox. Bila di virtualbox taskbar windows masih ada, di vmware player mengintegrasikan aplikasi windows juga sekalian ke taskbar gnome.
3.                      Game yang fullscreen lancar walau agak lambat. Game AOE bisa berjalan, tapi respon kursor sangat lambat.
4.                     Untuk keperluan uji program (trial and error), tidak perlu me-restart PC untuk beralih sistem operasi (dual boot) atau berpindah komputer.
5.                     Dapat mengembangkan perangkat lunak multiplatform dengan cepat karena adanya lebih dari sistem operasi yang berjalaan bersamaan.


Kekurangan Menggunakan Vmware

1.      Berat, dan lebih lambat dari virtualbox. Respon grafis-nya juga terasa tersendat.
2.      Terlalu simpel, sulit menemukan pengaturan yang lebih.
3.      Tidak open source, komunitas Linux sangat tergantung ke vmware. Ini membuat bug yang muncul tidak bisa dengan cepat ditangani.



 Desain tampilan Vmware

Menurut saya desian pada Vmware sudah cukup bagus dibandingkan dengan virtualbox, kontras warnaya yang simple dan permainan atau perpaduan warna yang tidak bentrok sehingga ketika user menggunakan tidak merusak warna. Karena warnaya memang tidak mencolok. Selain itu icon-icon atau tampilan menuya sudah lengkap sehingga memudahkan kita pada saat menggunakanya.


 VMware ini dapat diinstall pada komputer Host (Windows/Linux) :

§  Windows 7/8/10
§  Windows Server 2008/2012
§  Ubuntu 8.04 keatas
§  RedHat Enterprise Linux 5 Keatas
§  CentOS 5 keatas
§  Oracle Linux 5 Keatas
§  Open Suse 10.2 Keatas


Sedangkan Guest OS yang bisa diinstall di VMware diantaranya adalah :

§  Windows XP/7/8/10
§  Linux Ubuntu/RedHat/SUSE/Debian/Fedora/Open Suse/Mint/CentOS
§  Oracle Linux
§  Dll

Berikut untuk cek kompabilitas Guest OS di VMware
VMware Workstation ini merupakan aplikasi yang berbayar, dan ada 2 pilihan

·         VMware Workstation Player dan 
·         VMware Workstation Pro, dengan beberapa kelebihan seperti dapat menjalankan multi Virtual Mesin sekaligus, Enkripsi Virtual Mesin, Snapshot, Share Virtual Mesin untuk digunakan sebagai Server, dan lain-lain

Anda bisa menggunakan VMware Workstation Player secara gratis, asal digunakan untuk keperluan personal, dan non komersial.
Pada saat artikel ini dibuat, versi VMware Workstation Player yang bisa didownload dan diinstall di linux 64Bit atau windows 64Bit adalah VMware Versi 12.5.6. Fitur standar seperti share Network adapter, Hardsik, USB device, Optical drive antara host dan guest, dapat dilakukan dengan mudah. 



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 SISTEM OPERASI - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -