Perfect World Online Spear Thingy

Popular Post

Popular Posts

Kamis, 20 Desember 2018


VIRTUAL MACHINE
 
          




VIRTUAL MACHINE



A.    VIRTUAL MACHINE

Virtual Machine(VM) adalah sebuah mesin yang mempunyai dasar logika yang menggunakan pendekatan lapisan-lapisan ( layers)dari sistem komputer.Sehingga sistem komputer dengan tersendiri dibangun atas lapisan-lapisan tersebut.


Urutan lapisannya mulai dari lapisan terendah sampai lapisan teratas adalah sebagai berikut:
·         Perangkat keras (semua bagian fisik komputer)
·         Kernel (program untuk mengontrol disk dan sistem file, multi-tasking, load- balancing, networking dan security)
·         Sistem program (program yang membantu general user)
Kernel yang berada pada lapisan kedua ini, menggunakan instruksi perangkat keras untuk menciptakan seperangkat system call yang dapat digunakan oleh komponen-komponen pada level sistem program. Sistem program kemudian dapat menggunakansystem call dan perangkat keras lainnya seolah-olah pada level yang sama. Meskipun sistem program berada di level tertinggi , namun program aplikasi bisa melihat segala sesuatu pada tingkatan dibawahnya seakan-akan mereka adalah bagian dari mesin.
Dalam Virtual machine mengenal dua istilah yaitu Host OS dan Guest Os. Host OS adalah sistem operasi dimana virtual machine diinstall sedangkan Guest OS adalah sistem operasi yang diinstall pada virtual machine.

B.     SOFTWARE-SOFTWARE VIRTUAL MACHINE

Setelah kita tahu lebih dalam apa definisi dari virtual machine berikutnya kita juga harus tahu apa saja  software – software apa saja yang ada virtual machine. Pada umumnya yang paling banyak digunakan adalah Virtual Box dari Oracle,VMware Player, dan Windows Virtual PC .

C.    FUNGSI VIRTUAL MACHINE

·         Mencoba sistem operasi
Dengan virtual machine kita bisa bebas mencoba berbagai jenis sistem operasi yang kita mau, mulai windows, linux, dan lainnya.


·         Uji coba software
seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya biasa mencoba berbagai software-software trial di virtual machine, sering juga mencoba beragam software yang dirasa membahayakan komputer utama.

·         Menjalankan software/game jadul
Banyak software dan game lama yang tidak kompatibel dengan sistem operasi terbaru, solusinya bisa menggunakan virtual machine ini, misalnya seperti software dan game yang hanya bisa berjalan di Windows XP.

D.    JENIS-JENIS VIRTUAL MACHINE

·         Virtualisasi Penuh Dalam ilmu komputer, virtualisasi penuh ialah teknik virtualisasi yang digunakan untuk implementasi pada berbagai macam lingkungan virtual machine. Virtualisasi penuh didesain untuk sebuah sistem agar dapat terhubung dengan sumberdaya seperti internet.

·          Virtualisasi Paruh Dalam ilmu komputer, virtualisasi paruh ialah teknik virtualisasi yang digunakan untuk pengimplementasian pada berbagai macam lingkungan Virtual Machine (VM) tetapi hanya menyediakan simulasi perangkat keras secara sebagian saja.

·         IBM VM Istilah Virtual Machine (VM) sendiri mulai dikenalkan oleh IBM ketika meluncurkan sistem mainframenya pada tahun 1965-an. Diperkenalkan untuk sistem S/370 dan S/390 dan disebut sebagai sistem operasi VM/ESA (Enterprise System Architecture). Sehingga sering menimbulkan kebingungan antara penamaan produk atau penamaan mekanisme.

·         VMware Pada GNU/Linux salah satu Virtual Machine yang terkenal adalah VMware. VMware memungkinkan beberapa sistem operasi dijalankan pada satu mesin PC tunggal secara bersamaan. Hal ini dapat dilakukan tanpa melakukan partisi ulang dan boot ulang

·         Xen VMM Xen adalah open source Virtual Machine Monitor, dikembangkan di Universitas of Cambridge. Xen dibuat dengan tujuan untuk menjalankan sampai dengan seratus sistem operasi ber-fitur penuh (full featured OS) hanya satu computer. Virtualisasi Xen menggunakan teknologi para virtualisasi menyediakan isolasi yang aman, pengatur sumberdaya, garansi untuk quality-of-services dan live migration untuk sebuah mesin virtual.

·         Virtual Machine Aplikasi, adalah jenis virtual machine yang dapat menjalankan aplikasi di atas sistem operasi.

·         Virtual Machine Sistem Operasi, adalah jenis virtual machine yang dapat menciptakan lingkungan sistem komputer atau sering disebut sebagai komputer virtual agar dapat menjalankan sistem operasi yang lain. Virtual machine ini sering disebut sebagai emulator, karena mengemulasi



E.     KEUNTUNGAN VIRTUAL MACHINE

1. Hal Keamanan

             VM memiliki  perlindungan yang  lengkap pada berbagai sistem  sumber   daya,   yaitu   dengan  meniadakan   pembagian   sumber   daya secara  langsung,  sehingga  tidak ada masalah proteksi  dalam VM.  Sistem VM adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian dan pengembangan sistem operasi. Dengan VM, jika terdapat suatu perubahan pada satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.

2. Memungkinkan   untuk  mendefinisikan   suatu   jaringan   dari   Virtual Machine  (VM).

Tiap - tiap   bagian  mengirim  informasi  melalui   jaringan komunikasi  virtual.  Sekali   lagi,   jaringan  dimodelkan   setelah komunikasi fisik jaringan diimplementasikan pada perangkat lunak.

F.     KELEMAHAN VIRTUAL MACHINE

1.   Sistem penyimpanan.

Sebagai contoh kesulitan dalam sistem penyimpanan adalah sebagai  berikut:   Andaikan kita mempunyai suatu mesin yang memiliki  3  disk drive  namun  ingin mendukung 7 VM .   Keadaan ini jelas tidak memungkinkan bagi kita untuk dapat mengalokasikan setiap disk drive untuk  tiap VM,  karena perangkat   lunak untuk mesin virtual   sendiri  akan membutuhkan ruang disk   secara   substansial  untuk menyediakan memori virtual dan spooling.  Solusinya   adalah dengan menyediakan disk  virtual atau yang dikenal pula dengan minidisk, dimana  ukuran daya penyimpanannya identik dengan ukuran   sebenarnya.   Dengan   demikian, pendekatan VM juga menyediakan sebuah antarmuka yang identik dengan perangkat keras yang mendasari.

2.  Pengimplementasian sulit.

               Meski konsep VM cukup baik, namun VM sulit diimplementasikan.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 SISTEM OPERASI - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -